Sunday, July 28, 2013

" Apa-apaan Ini ??? "

Aku akhir-akhir ini kepikiran tentang ke'aneh'anku..
Aku baru sadar bahwa aku inikan kuliah di sebuah universitas di Semarang, di Fakultas Ilmu Sosial.Tapi kenapa ya jiwa ku itu bukan jiwa sosial ?? Justru aku baru sadar bahwa sebenarnya jiwaku itu adalah jiwa seni.Yahh,,'seni' justru aku lebih menikmati jiwa membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan dengan 'seni' seperti musik ,novel dan kuliner.Yaa,memang sih aku menyadari aku berada di fakultas itu memang mungkin sebuah kebetulan .Sekarang aku sedang menjalani kulian di jurusan PKN.Aku kuliah di jurusan kependidikan.Dulu aku nggak pernah kepikiran aku bakalan kuliah dijurusan kependidikan.Atau istilahnya gak kepikiran kalau nanti aku bakal jadi seorang guru.Sama sekali nggak kepikiran.Dulu aku itu kepengen kuliah dijurusan ilmu murni .Sama sekali nggak kepikiran buat jadi guru.Kalau orang tuaku sih pengennya aku jadi guru.Ya,,,alasannya kalau aku jadi guru kan enak bisa jadi PNS.Katanya jadi PNS itu enak,dijaman sekarang jadi PNS itu hidupnya terjamin.Ya,,masuk akal sih alasanya.Tapi aku nggak kepikiran sampai kesitu.Menurut aku pekerjaan apapun itu nggak masalah.Jadi pe'bisnis  juga pun menurut aku juga menjanjikan masa depan kok.Yang membuat aku nggak kepingin jadi guru itu adalah ada banyak hal:

  • Aku itu tipe orang yang gak suka banyak ngomong

Yang ada dibenakku adalah gimana caranya ntar aku menerangkan ke murid-muridku kalau aku itu tipe orang yang gak suka banyak ngomong.Kebayang gak sih kayak apa ntar jadinya??
  • Menjadi seorang guru itu bebannya berat
Menjadi seorang guru itu bebannya berat gak hanya di dunia tapi juga di akhirat.Kita mendidik anak orang , mendidik putra bangsa .Dimana berhasil tidaknya suatu bangsa itu tergantung para pemudanya.Menurut beben seorang guru sangat besar untuk menghasilkan sutra-putra penurus bangsa yang berkualitas.Gak nbisa seorang guru mendidik muridnya dengan asal-asalan.Seorang guru sangat berperan terhadap berhasil atau tidaknya seorang putra bangsa dalam masyarakat.Seorang guru harus berperan menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang berkualitas.Gak hanya dari segi intelektual tapi juga moral.Kalau calon penerus bangsa ini berkualitas otomatis berpengaruh terhadap kemajuan bangsa dan negaranya.Dan menurut aku itu gak mudah.Selain seorang guru mempunyai beban berat di dunia,guru juga mempunyai beben berat di akhirat yaitu mempertanggungjawabkan apa yang diajarkan.Seorang guru bisa mengajarkan kebaikan pada murid-muridnya tapi dia sendiri tidak bisa mengajarkan kebaikan dalam kehidupan sehari hari maka itu sama saja dengan sia sia.Bagaimana dia mempertanggungjawabkan semuanya itu nanti dihadapan Tuhan.

Menjadi seorang guru itu memeng tugas yang sangat muliaa.Tapi menjadi seorang guru yang benar-benar guru , menjadi seorang guru yang berhasil itu tidaklah mudah.


No comments:

Post a Comment